Langsung ke konten utama

5P dan 7P dalam Marketing Mix

Marketing Mix 
Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yag mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix) . Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan  pemasaran yang dilakukan secara bersamaan yang menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing mix itu sendiri. 

5P dan 7P dalam Marketing

1. 5p (Konvensional)
Apakah itu 5P ? 5P adalah taktik marketing yang dapat digunakan dalam kombinasi yang berbeda-beda untuk memenangkan hati klien dalam target market. 5P ini dapat dikontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal. Kombinasi taktik marketing yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien disebut sebagai penggunaan 'tactial marketing mix'. Mari kita ulas apa sajakah 5P itu? 

Hasil gambar untuk gambar 5p

a. Product

Product disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan produk, pikirkan fitur kunci atau kelebihan yang dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk. 

b. Price 

Price berhubungan dengan strategi harga produk dan servis, dan bagaimana itu akan memengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifkasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.

c. Promotion 

Aktivitas promosi yang patut digunakan untuk menarik pelanggan seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing. Place adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan mudah. Jika Anda memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda 

d. Place

Place adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan mudah. Jika Anda memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda. 

e. People

People mengacu pada staff dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda telat membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda juga telat menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.  
Ciptakan keuntungan bisnis Anda dengan merekrut orang yang tepat memberikan pelatihan pada karyawan Anda untuk mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang cakap. 

2. 7P (Commercial)
Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P :  product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. 

Gambar terkait

a. Product

Product disini mengacu pada apa yang dijual, memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan kebutuhan konsumen. Pelanggan tidak membeli barang dan jasa, melainkan membeli manafaat yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen baik b arang atau jasa maupun kombinasinya.

b. Price  

Penetapan harga merupakan sutu hal yang penting. Perushaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena  penetapan harga akan memengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan. 

c. Promotion 

Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat memengaruhi pembelian.
Tujuan kegiatan promosi antara lain :
  1. Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru Mengkomunikasikan produk baru
  2. Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas 
  3. Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk 
  4. Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.

d. Place

Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran.

e. People

People adalah aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan  prrformance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik akan menjadi dasar internal perusahaan dan pencitraan yang baik diluar. Faktor lainnya people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan knsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampian karyawan , suara dalam berbicara, body language, ekspresi wajah dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.

f. Process 

Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

g. Physical Evidence 

Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.


Referensi :
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/
http://rifkiemuhammad.blogspot.com/2012/11/bauran-pemasaran-7p_8878.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM PRODUKSI PERUSAHAAN PT.INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK

Sejarah Berdirinya PT. ISM PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group. Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990 yang diubah dengan Akta No.249 tanggal 15 November 1990 dan yang diubah kembali dengan Akta No.171 tanggal 20 Juni 1991. Perseroan mengubah namanya semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 yang dibuat oleh Benny Kristianto, SH., Notaris di Jakarta. Pada tahun 1994, terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan. Divisi m

PERBEDAAN INVESTASI dan MENABUNG SECARA LENGKAP

INVESTASI Investasi adalah langkah menanamkan modal dengan harapan akan mendapat manfaat lebih di masa depan. Investasi ini bertujuan untuk kepentingan jangka panjang, jadi tidak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak. Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Ekonomi 1. Haming dan Basamalah Investasi ialah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real (tanah, rumah, mobil, dan lain-lain) atau juga aktiva keuangan mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi dimasa yang mendatang. 2. Mulyadi Investasi ialah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa yang akan datang 3. Sadono Sukirno Investasi diartikan ialah sebagai pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan juga jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian. 4. James C Van Horn